Tragedi Sukhoi Superjet100

Dari hati yang terdalam saya ikut berduka cita untuk korban pesawat Sukhoi Superjet 100 dan semoga keluarga yang ditinggalkan tetap dalam kesabaran dan keistiqomahan.

Terhenyak sore itu pada 9 Mei 2012 mendengar berita sekilas. Pesawat Sukhoi hilang kontak di wilayah Bogor. Serasa ngga percaya, Sukhoi kan pesawat canggih dan relatif baru, masa' sudah muncul problem. 

Saya masih belum nyambung rupanya kala itu. Ternyata yang hilang kontak adalah Sukhoi jenis komersil, bukan salah satu dari 20 pesawat tempur Sukhoi yang baru dibeli Indonesia. Saya baru ngeh kalo Sukhoi juga bikin pesawat komersil dan Sukhoi Superjet 100 adalah tonggak bagi industri pesawat komersil Rusia.   

Biar pun begitu jagad penerbangan Indonesia kembali teramat dalam berduka. Pesawat super canggih Sukhoi Superjet 100 asal Rusia mengalami musibah ditanah Pajajaran, bumi Indonesia. Pesawat membawa penumpang multi negara yaitu Rusia, AS, Italia dan tentu saja terbanyak warga negara Indonesia dalam rangka Joy Flight atau terbang gembira berakhir dengan kesedihan mendalam.

Seperti yang kita ketahui pesawat yang juga sedang melakukan tur Asia tersebut mengalami kecelakaan saat melakukan joy flight kedua pada Rabu, 9 Mei. Puing pesawat tersebut ditemukan hari Kamis 10 Mei 2012 dalam kondisi hancur diketinggian 5.400 meter di daerah Gunung Salak, Bogor. Diduga, pesawat tersebut hancur setelah menabrak tebing gunung Salak.

Pesawat Sukhoi Superjet 100 teramat canggih untuk ukuran tahun 2012. Tentunya banyak tekhnologi tinggi nan canggih dibenamkam di sekujur tubuh Sukhoi. Yang jelas sulit mempercayai pesawat modern seperti Sukhoi dan penerbang profesional menabrak gunung, apalagi itu moment promosi. "Sulit dipercaya ", begitu ujar Cappy Hakim, mantan pilot senior.

Namum bila Tuhan berkehendak, semua alam akan tunduk mentaatinya, bukan?. Bukankah Titanic juga kapal yang teramat canggih pada masa itu. Karam pada pelayaran pertamanya.

Banyak sekali spekulasi yang beredar tentang penyebab kecelakaan. Para pakar dan praktisi hebat tentang penerbangan, ahli klimatologi hingga "orang pintar" dan masyarakat biasa, semua orang berhak berpendapat. 

Pengungkapan penyebab tragedi itu sangat penting untuk menjadi pelajaran bagi dunia penerbangan Indonesia, Rusia dan dunia, bukan hanya sekedar menyalahan ini dan itu.

Konon kunci utama pengungkap kecelakaan pesawat biasanya terjawab dari rekaman percakapan pilot dan otoritas pengatur lalulintas udara yang terekam dalam Black Box. Mencari dan membaca pesan kotak hitam sangat penting dari pada mencari kambing hitam agar semua bisa berbenah dan menata diri. 

Delapan hari setelah tragedi Sukhoi 9 Mei lalu, tim SAR didukung element terkait  masih terus berupaya mengevakuasi seluruh korban dan alhamdulillah telah berhasil menemukan kotak hitam. Semoga tim SAR gabungan dijaga kesehatanya dan selalu dalam lindunganNYA. Semoga pula KNKT bisa segera membaca Kotak Hitam dan menjawab tabir tragedi Sukhoi. آمِينَ يَا رَبَّ الْعَـلَمِينََ.

Komentar

Postingan Populer